Selasa, 19 Juli 2016

pendidikan agama islam berwawasan lingkungan hidup



ABSTRAK
                        RIRIN AYU RIZKI
PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP KESADARAN PESERTA DIDIK DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
muhammad aqis bilqisthi

            Masalah lingkungan hidup dewasa ini kian memprihatinkan. Sebagai tempat bernaung seluruh makhluk hidup,masa depan pemeliharaan, pengelolaan dan pemanfaatan lingkungan semakin mencemaskan. Kompleks kepentingan disinyalirmenjadi sebab rumitnya kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita.
            Ada tiga hal yang mendesak dicari jalan keluarnya. Peertama, maraknya illegal logging di Indonesia dan beberapa negara lain, kian kritisnya penanganan masalah ini. Kedua, lemahnya penegakkan hukum yang membuat para cukong kayu dan koruptor serta teroris lingkungan dengan lihai dan mudahnya ‘membabat’ hutan dan mencuri kekayaan alam. Penegakkan hukum ini tentu saja berkaitan dengan kepemimpinannasional. Ketiga, masalah global warming, terjadinya pemanasan bumi yang disebut global warming merupakan masalah lain dari lingkungan hidup yang cukup mendatangkankeprihatinan banyak pihak, terutama dari kaum environmentalis. Persoalannya justru disebabkan oleh perilaku dari manusia itu sendiri.

            Persoalan lingkungan di masa yang akan datang akan semakin berat dan bersifat kompleks, sehingga semakin terbuka demi sistem pendidikan formal maupun informal yang telah mencoba memperkenalkan segi-segi perlindungan lingkungan. Banyak bidang ilmu yang mengkaji tentang lingkungan, tetapi melihat dari sudut pandang tertentu. Lingkungan dan permasalahannya pada akhirnya telah mempunyai spesialisasi ilmu sendiri.
            Semakin banyaknya perhatian dari berbagai kalangan terutama kalangan pendidikan dalam hal permasalahan lingkungan, di sini terlihat jelas adanya peran serta dari seluruh kalangan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan tersebut. Dan tidak lepas juga peran tokoh-tokoh agama sebagai penyampai dakwah kebaikan untuk seluruh umat manusia.
            Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan murni (library research). Yaitu suatu metode pengumpulan data yang berdasarkan literatur buku-buku ilmiah, majalah, surat kabar, jurnal, dan rujukan yang lain yang berkaitan dengan tema yang akan dibahas. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan metode deskriptif, analisis dan komparatif. Metode deskriptif, analisis dan komparatif ditujukan untuk menggambarkan keadaan obyek atau peristiwa yang melingkupinya tanpa berpretensi untuk membuat generalisasi. Dalam kajian ini, metode ini sangat penting dalam rangka memperoleh deskripsi yang tepat dan mendetail dari pemikiran tentang penelitian ini.
            Pendidikan Agama Islam menerangkan keselarasan, keseimbangan dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah swt, hubungan manusia  dengan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
            Kesimpulannya adalah hubungan manusia dengan alam dan lingkungannya adalah hubungan manusia dengan khalifah Allah di muka bumi untuk memngatur, memanfaatkan serta mengolah alam dan lingkungan secara optimal dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar